Tugas Manajemen Umum

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/03/2014





PEMBUATAN KEPUTUSAN

           
           Pengambilan keputusan Selalu kita butuhkan dan dilakukan dimana pun. Secara sederhana, fungsi sebuah keputusan diambil untuk menemukan solusi dan memberi penilaian atau pandangan terhadap sesuatu. Bisa juga untuk menjatuhkan pilihan skala. Ada keputusan sebagai kebutuhan perusahaan, organisasi,
maupun keputusan individu, dll.
Dan pengertian pembuatan keputusan pendapat dari beberapa ahli, seperti :

  •   De Janasz dkk (2002: 19) : Menurut beliau pengambilan keputusan adalah suatu proses yang dimana beberapa kemungkinan dapat dipertimbangkan dan diprioritaskan, yang hasilnya dipilih berdasarkan pilihan yang jelas dari salah satu alternatif kemungkinan yang ada.


I. Tipe-tipe proses pengambilan keputusan

Tipe Pengambilan keputusan ( Decision making) : adalah tindakan manajemen dalam pemilihan suatu keputusan. Dan keputusan dibagi dalam 3 tipe, yaitu :


  1. Keputusan terprogram/keputusan terstruktur : keputusan yang berulang-ulang dan rutin, sehingga dapat diprogram. Keputusan terstruktur terjadi dan dilakukan terutama pada manjemen seperti keputusan pemesanan barang dan keputusan penagihan piutang.
  2. Keputusan setengah terprogram / setengah terstruktur : keputusan yang sebagian dapat diprogram, sebagian berulang-ulang dan rutin serta sebagian tidak terstruktur. Keputusan ini seringnya bersifat rumit dan membutuhkan perhitungan-perhitungan serta analisis yang terperinci.
  3. Keputusan tidak terprogram/ tidak terstruktur : keputusan yang tidak terjadi berulang-ulang dan tidak selalu terjadi. Keputusan ini terjadi di manajemen tingkat atas. Informasi untuk pengambilan keputusan tidak terstruktur  dan tidak mudah untuk didapatkan juga tidak mudah tersedia dan biasanya berasal dari lingkungan luar.




II. Proses Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan meliputi empat tahap yang saling terhubung (Simon, 1980). Empat proses tersebut adalah :


  • Intelligence : Tahap ini merupakan proses penelusuran dan pendeteksian dari lingkup problematika serta proses pengenalan masalah. Data masukan diperoleh, diproses, dan diuji dalam rangka mengidentifikasi masalah.


  • Design : Tahap ini adalah proses menemukan, mengembangkan, dan menganalisis alternatif tindakan yang bisa dilakukan. Tahap ini meliputi proses untuk mengertimasalah, menurunkan solusi, dan menguji kelayakan solusi.
  

  • Choice : Pada tahap ini dilakukan proses pemilihan diantara berbagai alternatif tindakan yang mungkin akan dijalankan. Tahap ini meliputi pencarian, evaluasi, dan rekomendasi solusi yang sesuai untuk model yang telah dibuat. Solusi dari model merupakan nilai spesifik untuk variabel hasil pada alternatif yang dipilih.


  • Implementation : Tahap implementasi adalah tahap pelaksanaan dari keputusan yang telah diambil. Pada tahap ini diperlukan untuk menyusun serangkian tindakan yang terencana, sehingga hasil keputusan dapat dipantau dan disesuaikan apabila diperlukan perbaikan.


III. Keterlibatan Bawahan Dalam Pembuatan Keputusan

        Keterlibatan bawahan dalam pembuatan keputusan juga diperhitungkan karna bawahan mempunyai beberapa rumusan dalam pembuatan keputusan. meskipun dalam hal ini bawahan memiliki andil dalam pembuatan keputusan tetapi yang menentukan keputusan tetaplah manager dengan memperhitungkan baik buruknya keputusan yang sudah dirumuskan.
       
       Jadi intinya keterlibatan bawahan dalam pembuatan keputusan juga diperlukan karna bagaimanapun bawahan  mempunyai inspirasi / hak  juga untuk menentukan keputusan. Tapi dengan keterlibatannya bawahan, keputusan tetap lah yang menentukan adalah atasan atau manager yang memutuskan.

Kebaikannya : Keputusan di ambil secara cepat dan penanggung jawab keputusannya sanagat jelas.
Keburukannya : Prestise manajer akan turun apa bila keputusan yang dipilih salah.




SUMBER : http://meyka.blogdetik.com/2013/05/11/pengambilan-keputusan-dalam-manajemen/
https://prezi.com/pxvmk9aw3vsb/decision/  http://www.slideshare.net/ilmansatria1/proses-pengambilan-keputusan-menurut-para-ahli http://wahyudieko92.blog.com/model-proses-pengambilan-keputusan-tipe-tipe-proses-pengambilan-keputusan-dan-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pemecahan-masalah/  http://www.academia.edu/5570633/Contoh_Pengambilan_Keputusan_1 http://www.scribd.com/doc/230019435/Pengambilan-Keputusan-Modul




Comments (0)

Posting Komentar