Tugas Manajemen Umum (Wewenang)
Posted by Rizki | Posted in Tugas | Posted on 12/18/2014
- WEWENANG : Wewenang adalah hak dan kekuasaan untuk bertindak;
kewenangan. Kekuasaan membuat keputusan, memerintah, dan melimpahkan
tanggung
jawab kepada orang lain. Dan juga huk fungsi yg boleh tidak
dilaksanakan. Beberapa pendapat para ahli mengenai wewenang antara lain:
Menurut (James, A.F. Stoner,1996) :
Kekuasan, adalah suatu pekerjaan yang telah diberikan wewenang (tugas), penyerahan dari tugas-tugas yang dipecaya, seorang memperoleh kekuasaan secara formal. Misalnya karena adanya surat keputusan dari pimpinan perusahaan yang berwenang.
- DELEGASI :
Delegasi adalah perwakilan atau utusan dengan proses penunjukan secara langsung maupun secara musyawarah untuk mengutusnya menjadi salah satu perwakilan suatu kelompok atau lembaga.[1] Delegasi menurut Hukum Perdata adalah penyerahan ulang oleh yang berutang kepada orang lain yang selanjutnya wajib menunaikan ulang tadi kepada yang berutang.
- DESENTRALISASI :
Desentralisasi adalah penyerahan kewenangan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengurusi urusan rumah tangganya sendiri berdasarkan prakarsa dan aspirasi dari rakyatnya dalam kerangka negara kesatuan Republik Indonesia. Dengan adanya desentralisasi maka muncullan otonomi bagi suatu pemerintahan daerah. Desentralisasi sebenarnya adalah istilah dalam keorganisasian yang secara sederhana di definisikan sebagai penyerahan kewenangan.
PENGERTIAN WEWENANG,
KEKUASAAN DAN PENGARUH
Wewenang formal tersebut harus di dukung juga dengan
dasar-dasar kekuasaan dan pengaruh informal. Manajer perlu menggunakan lebih
dari wewenang resminya untuk mendapatkan kerjasama dengan bawahan mereka,
selain juga tergantung pada kemampuan ilmu pengetahuan, pengalaman dan
kepemimpinan mereka.
- Pengertian Wewenang :
Wewenang (authority) adalah hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu.Penggunaan wewenang secara bijaksana merupakan faktor kritis bagi efektevitas organisasi. peranan pokok wewenang dalam fungsi pengorganisasian, wewenang dan kekuasaan sebagai metoda formal, dimana manajer menggunakannya untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.
- Pengertian
Kekuasaan : Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain untuk mencapai sesuatu dengan cara yang diinginkan. Studi tentang kekuasaan dan dampaknya merupakan hal yang penting dalam manajemen. Karena kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, maka mungkin sekali setiap interaksi dan hubungan sosial dalam suatu organisasi melibatkan penggunaan kekuasaan.
- Pengertian Pengaruh :
Pengaruh (influence) adalah suatu transaksi sosial dimana seseorang atau kelompok di bujuk oleh seorang atau kelompok lain untuk melakukan kegiatan sesuai dengan harapan mereka yang mempengaruhi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005: 849), “Pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang atau benda) yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang.” Sementara itu, Surakhmad (1982:7) menyatakan bahwa pengaruh adalah kekuatan yang muncul dari suatu benda atau orang dan juga gejala dalam yang dapat memberikan perubahan terhadap apa-apa yang ada di sekelilingnya.
Struktur
Lini dan Staff
Organisasi lini dan Staf, semua organisasi mempunyai sejumlah
fungsi-fungsi dasar yang harus dilaksanakan. Staf merupakan individu atau
kelompok dalam struktur organisasi yang fungsi utamanya memberikan saran dan
pelayanan kepada fungsi lini.Beberapa alas an mengapa organisasi perlu membedakan antara kegiatan-kegiatan lini dan staf. Pertama, karena kegiatan-kegiatan lini mencerminkan pekerjaan pokok organisasi. Kedua, pengetatan yang harus di buat organisasi dalam waktu krisis sangat di tentukan oleh pilihan terhadap departemen lini atau staf.Ada dua tipe staf yaitu staf pribadi dan staf spesialis.
Staf pribadi di bentuk untuk memberikan saran, bantuan, dan jasa kepada seorang manager. Staf spesialis memberikan saran, konsultasi, bantuan dan melayani seluruh lini dan unsure organisasi.Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian. Sehingga merupakan kesatuan yang teratur.
WEWENANG LINI, STAF DAN FUNGSIONAL
> WEWENANG LINI :
Lini mempunyai fungsi untuk bertanggung jawab langsung
atas tercapainya tujuan-tujuan perusahaan.
Ciri-ciri :
1.
Organisasi kecil,
2. Jumlah
pegawai sedikit,
3. Pemilik
biasanya menjadi pemimpin tertinggi dalam organisasi,
4. Hubungan
kerja bersifat langsung (face to face relationship),
5.
Spesialisasi yang dibutuhkan rendah,
Staf adalah individu atau kelompok (terdiri para ahli)
dalam struktur organisasi yang fungsi utamanya memberikan saran dan pelayanan
kepada fungsi lini.
1. Organisasi besar dan kompleks
2. Jumlah
karyawannya banyak
3. Hubungan
kerja yang bersifat langsung tidak mungkin lagi bagi seluruh anggota
organisasi
Wewenang staf fungsional adalah hubungan terkuat yang
dapat di miliki staf dengan satuan-satuan lini, atau Organisasi Fungsional
adalah organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam
organisasi tersebut, misalnya fungsi produksi, keuangan, administrasi dn
lain-lain
Ciri-ciri :
1.
Organisasi kecil
2. Di
dalamnya terdapat kelompok-kelompok kerja staff ahli
3.
Spesialisasi dalam pelaksanaan tugas
4. Target yang
hendak dicapai jelas dan pasti
Sentralisasi vs
Desentralisasi
- Sentralisasi : Sentralisasi adalah memusatkan seluruh wewenang kepada sejumlah kecil manajer atau yang berada di posisi puncak pada suatu struktur organisasi. Sentralisasi banyak digunakan pada pemerintahan lama di Indonesia sebelum adanya otonomi daerah.Kelebihan dari sistem sentralisasi adalah di mana seluruh keputusan dan kebijakan di daerah dihasilkan oleh orang-orang yang berada di pemerintah pusat, sehingga waktu yang diperlukan untuk memutuskan sesuatu menjadi lama.Kekekurangan sistem ini adalah di mana pemerintah pusat tidak harus pusing-pusing pada permasalahan yang timbul akibat perbedaan pengambilan keputusan.
- Desentralisasi : Desentralisasi adalah pendelegasian wewenang dalam membuat keputusan dan kebijakan kepada manajer atau orang-orang yang berada pada level bawah dalam suatu struktur organisasi. Pada saat sekarang ini banyak perusahaan atau organisasi yang memilih serta menerapkan sistem desentralisasi karena dapat memperbaiki serta meningkatkan efektifitas dan produktifitas suatu organisasi.Kelebihan sistem ini adalah sebagian besar keputusan dan kebijakan yang berada di daerah dapat diputuskan di daerah tanpa adanya campur tangan dari pemerintahan di pusat.kekurangan dari sistem desentralisasi pada otonomi khusus untuk daerah adalah euforia yang berlebihan di mana wewenang tersebut hanya mementingkan kepentingan golongan dan kelompok serta digunakan untuk mengeruk keuntungan pribadi atau oknum.
DEGELASI WEWENANGAN
Untuk mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien,maka perlu adanya pendelegasian tugas dari atasan ke bawahan . degelasi dapat di artikan pelimpahan wewenagnga dan tanggung jawab formal dari atasan kepada orang lain untuk melaksanakan tugas tertantu.sedangkan degelasi wewenangan di artikan sebagai proses pengelhan wewenangan dari atasan kepada orang yang di tunjuk.
Sekian....
SUMBER
- http://id.wikipedia.org/wiki/Delegasi
- http://id.wikipedia.org/wiki/ Desentralisasi
Comments (0)
Posting Komentar