SIM (Softskill 3)

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/28/2015

Sistem Informasi Manajemen

 

1. Sebutkan macam-macam pemprosesan data & jelaskan !


jawab :

Pemrosesan data batch
adalah suatu model pengolahan data, dengan menghimpun data terlebih dahulu, dan diatur pengelompokkan datanya dalam kelompok-kelompok yang disebut batch. Tiap batch ditandai dengan identitas tertentu, serta informasi mengenai data-data yang terdapat dalam batch tersebut. Setelah data-data tersebut terkumpul dalam jumlah tertentu, data-data tersebut akan langsung diproses. Contoh dari penggunaan pemrosesan data batch adalah e-mail dan transaksi batch processing.

Pemrosesan data online
adalah sebuah sistem yang mengaktifkan semua periferal sebagai pemasok data, dalam kendali komputer induk. Informasi-informasi yang muncul merupakan refleksi dari kondisi data yang paling mutakhir, karena setiap perkembangan data baru akan terus diupdatekan ke data induk. Salah satu contoh penggunaan pemrosesan data online adalah transaksi online. Dalam sistem pengolahan online, transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal, divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera file komputer.

Real time system
Atau juga disebut Sistem waktu nyata. Sistem yang harus menghasilkan respon yang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jika respon komputer melewati batas waktu tersebut, maka terjadi degradasi performansi atau kegagalan sistem. Sebuah Real time system adalah sistem yang kebenarannya secara logis didasarkan pada kebenaran hasil-hasil keluaran sistem dan ketepatan waktu hasil-hasil tersebut dikeluarkan. Aplikasi penggunaan sistem seperti ini adalah untuk memantau dan mengontrol peralatan seperti motor, assembly line, teleskop, atau instrumen lainnya. 
 

2. jelaskan peranan alat input, output, software dalam memecahkan msalah !

jawab :

Peranan :
    - Menjaga kesalahan input seminimal mungkin.
    - Pencegahan dari suatu kesalahan.
    - Pendeteksi dari suatu kesalahan.
    - Pengkoreksi dari suatu kesalahan.

     Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display monitor, printer dan plotter (berperan langsung),  source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung).

Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).

3. a. Apa pengertian dari topologi jaringan !

jawab :

    Pengertian topologi jaringan adalah suatu tehnik untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya yang merangkai menjadi sebuah jaringan, dimana penggunaan topologi jaringan didasarkan pada biaya, kecepatan akses data, ukuran maupun tingkat konektivitas yang akan mempengaruhi kualitas maupun efiensi suatu jaringan.

b. sebutkan keuntungan & kerugian dari 3 tipe topologi jaringan

jawab :

3 tipe topologi jaringan :

Topologi Ring :
Keuntungan : adalah pada kemudahan dalam proses pemasangan dan instalasi, penggunaan jumlah kabel lan yang sedikit sehingga akan menghemat biaya.

Kerugian : paling fatal dari topologi ini adalah, jika salah satu komputer ataupun kabel nya bermasalah, maka pengiriman data akan terganggu bahkan error.

Topologi Bus : 
Keuntungan: Mudah dikembangkan, Jarak LAN tidak terbatas, Kecepatan transfer data tinggi dan Jumlah terminal dapat ditambah/dikurangi tanpa mengganggu operasi yang telah berjalan.

Kerugian:  Jika lalu lintas data terlalu tinggi dapat terjadi kemacetan dan dibutuhkan repeater untuk menguatkan sinyal pada pemasangan jarak jauh.
Operasional jaringan LAN tergantung pada setiap terminal.

Topologi Star :
Keuntungan : adalah sangat mudah mendeteksi komputer mana yang mengalami gangguan, mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan komputer tanpa mengganggu yang lain, serta tingkat keamanan sebuah data lebih tinggi,

Kerugian : adalah memerlukan biaya yang tinggi untuk pemasangan, karena membutuhkan kabel yang banyak serta switch/hub, dan kestabilan jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch/hub mengalami gangguan, maka seluruh jaringan akan terganggu.


4. a. Apa yang anda ketahui tentang file, sebut & jelaskan tipe file !

jawab :

File adalah kumpulan informasi yang berhubungan dan tersimpan dalam secondary storage.
 
Tipe file:

1. File Induk adalah file terpenting yang berisi record-record yang sangat di perlukan dalam perusahaan . Di bagi menjadi dua, yaitu :
 
- File Induk Statis : Jarang berubah nilainya, contoh : data karyawan
- File Induk Dinamis : recordnya sering berubah sebagai hasil dari
transaksi.
 
2. File Histori, disebut juga file srsip yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tapi masih disimpan.
 
3. File Transaksi digunakan untuk merekam data yang diperoleh dari suatu transaksi, seperti fike transaksi penjualan atau registrasi pengambilan mata kuliah.
 
4. File Laporan, disebut juga file output yang berisi informasi yang merupakan hasil pengolahan data yang ada.



   b. bagaimana sistem pengorganisasian data base tradisional berproses !

jawab :

      Sistem pengorganisasian database masih terpisah-pisah antara database satu dengan database lainnya, sehingga banyak akibat negatif yang ditimbulkan, antara lain :
Redudansi atau duplikasi data. Menyebabkan informasi menjadi kurang akurat, bahkan terjadi perbedaan karena data yang satu sudah di perbaharui sementara duplikatnya belum. Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang di gunakan untuk mengolah masing-masing database yang di bangun.

     Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang menyebabkan SI yang terbentuk menjadi kurang fleksibel. Keterpisahan database satu dengan lainnya mengakibatkan tingkat keamanan data menjadi rendah. Penggunaan data bersama sangat kurang sehingga database kurang dapat dieksplorasi/ diolah untuk menghasilkan laporan-laporan manajeral lintas depatremental.


5. jelaskan tiga tingkat representasi data & jelaskan !

jawab :



  • Level penyajian penampakan, representasi hasil pengolahan database menggunakan SI dalam format yg mudah dipahami oleh pemakai

  • Level konseptual, memperlihatkan file2 data yg dibuat dan hubungannya satu sama lian dalam sebuah lingkungan database.

  • Level fisik, tahapan terendah dari abstraksi data yg memperlihatkan struktur dan jenis data serta bagaimana data tsb disimpan dan diorganisasikan dlm media penyimpanan
  




     SEKIAN 

SUMBER :
http://slideplayer.info/slide/3780429/
http://www.adalahcara.com/2014/09/macam-pengertian-topologi-jaringan-komputer.html
https://ulfahalfianiii.wordpress.com/2014/11/26/sistem-manajemen-informasi-minggu-ketiga/
 


Comments (0)

Posting Komentar