3.4 Jelaskan Pengertian Pengendalian Intern (Internal Control) (SIA #Softskill)
Posted by Rizki | Posted in Tugas | Posted on 12/17/2016
Sistem Pengendalian Intern merupakan suatu system yang
dibuat untuk ikut membantu pimpinan perusahaan dalam mengendalikan kelancaran
jalannya kegiatan-kegiatan perusahaan.
Pengertian system pengendalian intern menurut Bambang
Hartadi (1999:2)
" adalah ,sistem Pengendalian Intern mempunyai beberapa
pengertian, yaitu Sistem Pengendalian Intern dalam arti sempit dan dalam arti
luas. Sistem pengendalian intern dalam arti sempit, sama dengan pengertian
internal check yang merupakan prosedur-prosedur mekanisme untuk memeriksa
ketelitian data-data administrasi. Sedangkan dalam arti luas, Sistem
pengendalian intern dapat dipandang sebagai sistem sosial (social system) yang
mempunyai wawasan/ makna khusus yang berada dalam organisasi bank. "
Contohnya yaitu :
Suatu bank yang sedang berkembang, dalam kegiatannya
memiliki sejumlah karyawan, disini dituntut kemampuan seorang pimpinan untuk
mengendalikan segala sesuatu dalam bank. Keadaan semacam ini memaksa pimpinan
melimpahkan sebagian wewenang kepada bawahannya, namun tanggung jawab tetap
diberikan pada pimpinan.
Oleh karena itu, seorang pimpinan membutuhkan suatu system
pengendalian yang dapat mengamankan aktiva bank, yang memberikan keyakinan
kepada pimpinan bahwa apa yang dilaporkan benar dan dapat dipercaya, yang dapat
mendorong adanya efisiensi usaha dan terus menerus memonitor kebijaksanaan yang
telah diterapkan dan dilaksanakan sebagaimana mestinya.
SUMBER :
Comments (0)
Posting Komentar