Ilmu Sosial Dasar Tugas 10 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 12/06/2017

Nama  : Muhammad Rizki Munazar
NPM    : 1B117038

TUGAS 10
ILMU SOSIAL DASAR #

Soal :
1.  Apa yang anda ketahui tentang Prasangka & Diskriminasi ?
2.  Apa yang anda ketahui tentang Etnosentrisme ?
3. Bagaimana upaya untuk mengurangi atau menghilangkan prasangka & diskriminasi ?


Jawab :
1. - Prasangka adalah penilaian dari satu kelompok atau individu yang terutama didasarkan pada keanggotaan kelompok. Efek dari prasangka adalah merusak dan menciptakan jarak yang luas. Prasangka dapat menjadi salah satu aspek distruktif tingkah laku sosial manusia, sering menghasilkan kegiatan yang menyedihkan, mengerikan dari tindak kekerasan.

-  Diskriminasi lebih merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu. Diskriminasi adalah suatu peristiwa yang biasanya ditemukan dalam masyarakat manusia, itu karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan orang lain.

2. Etnosentrisme adalah persepsi yang dimiliki oleh individu yang menganggap bahwa budayanya adalah yang terbaik diantara budaya-budaya yang dimiliki oleh orang lain. Atau Etnosentrisme adalah suatu sikap menilai kebudayaan masyarakat lain dengan menggunakan ukuran-ukuran yang berlaku di masyarakatnya.

3. - Prasangka : berupa suatu usaha yang ,mencegah agar orang atau kelompok tidak terkena prasangka. Menciptakan suasana yang tenteram, damai, dan jauh dari rasa terkena prasangka. Menanamkan sejak kecil perasaan menerima orang lain meskipun ada perbedaan. Perbedaan bukan berarti pertentangan atau permusuhan. Memperpendek jarak sosial. Sehingga tidak timbul prasangka.

- Diskriminasi : Belajar tidak membenci, karna dapat membahayakan diri sendiri bahkan orang lain, Mengkaji ulang antara “kita” dan “mereka”. Pengkategorian ulang ini akan menimbulkan pandangan yang berbeda dengan sebelumnya, dan membiasakan diri menghindari sifat-sifat  saling merendahkan, saling mencela, saling memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan, saling berperasangka jelek (saling  curiga), saling mencari-cari kejelekan orang lain, saling menggunjing.

Comments (0)

Posting Komentar