Ilmu Sosial Dasar Tugas 11 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 12/08/2017

Nama  : Muhammad Rizki Munazar
NPM    : 1B117038

TUGAS 11
ILMU SOSIAL DASAR #

Soal :

1. Apa yang anda ketahui tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ?


Jawab :

-Ilmu Pengetahuan :
Pengertian ilmu pengetahuan adalah suatu sistem berbagai pengetahuan yang didapatkan dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan yang dilakukan secara teliti dengan menggunakan metode-metode tertentu. Atau Ilmu pengetahuan adalah ilmu yang berdasarkan riset dan kenyaataan yang ada yang dibukukan dan dipublikasikan dengan berbagai macam cara.

-Teknologi :
Teknologi adalah ilmu yang berkembang seiring perkembangan zaman. ilmu yang mengacu pada kemajuan elektronik khususnya. Atau Teknologi adalah sebuah pengetahuan yang ditujukan untuk menciptakan alat, tindakan pengolahan dan ekstraksi benda.

2. Menurut anda apa yang menjadi faktor penyebab kemiskinan dan bagaimana solusinya dalam menekan angka kemiskinan ?

Jawab :

Penyebab Kemiskinan 

      · Secara makro, kemiskinan muncul karena adanya ketidaksamaan pola kepemilikan sumber daya yang menimbulkan distribusi pendapatan timpang, penduduk miskin hanya memiliki sumber daya dalam jumlah yang terbatas dan kualitasnya rendah.
      ·  Kemiskinan muncul akibat perbedaan kualitas sumber daya manusia karena kualitas sumber daya manusia yang rendah berarti produktivitas juga rendah, upahnyapun rendah.
      · Kemiskinan muncul sebab perbedaan akses dan modal. Penyebab kemiskinan dan keterbelakangan adalah persoalan aksesibilitas.

Solusinya dalam menekan angka kemiskinan

Kebijaksanaan tidak langsung
Kebijaksanaan tidak lansung diarahkan pada penciptaan kondisi yang menjamin kelangsungan setiap upaya penanggulangan kemiskinan. Kondisi yang dimaksudkan anatara lain adalah suasana social politik yang tentera, ekonomi yang stabil dan budaya yang berkembang. Upaya penggolongan ekonomi makro yang yang berhati-hati melalui kebijaksanaan keuangan dan perpajakan merupakan bagian dari upaya menaggulangi kemiskinan. Pengendalain tingkat inflasi diarahkan pada penciptaan situsasi yang kondusif bagi upaya penyediaan kebutuhan daasar seperti sandang, pangan, papan, pendidikan, dan kesehatan dengan harga yang terjangkau oleh penduduk miskin.


Kebijaksanaan langsung
Kebijaksaan langsung diarahkan kepada peningkatan peran serta dan peroduktifitas sumber daya manusi, khususnya golongan masyarakat berpendapatan rendah,melalui penyediaan kebutuhan dasar seperti sandang pangan papan kesehatan dan pendidikan, serta pengembangan kegiatan-kegiatan social ekonomi yang bekelanjutan untuk mendorong kemandirian golangan masyarakat yang berpendapatan rendah. Pemenuhan kebutuhan dasar akan memberiakn peluang bagi penduduk miskin untuk melakukan kegiatan social – ekonomi yang dapat memberikan pendapatan yang memadai.

Comments (0)

Posting Komentar