Ilmu Sosial Dasar Tugas 12 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 1/02/2018

Nama  : Muhammad Rizki Munazar
NPM    : 1B117038

TUGAS 12
ILMU SOSIAL DASAR #

Soal :
1. Menurut Anda, mengapa Ilmu Sosial Dasar sangat dibutuhkan oleh mahasiswa ?
2. Bagaimana cara untuk meminimalisir tingkat kemiskinan jika dilihat dari globalisasi ?
3. Berikan contoh konkrit kehidupan sosial masyarakat yang masih terjaga yang memiliki nilai positif ?
4. Berikan contoh kehidupan toleransi agama di daerah Anda !



Jawab :

1. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa pentingnya Ilmu Sosial Dasar  diberikan karena, memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi, agar peka terhadap masalah sosial yang terjadi di masyarakat, memiliki sikap mental positif terhadap perbaikan segala penyimpangan yang terjadi di masyarakat, dan terampil mengatasi setiap masalah yang terjadi sehari-hari baik yang menimpa dirinya sendiri maupun yang menimpa masyarakat.

Karna Ilmu Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial.


2. Contohnya, data dari Kementerian Keuangan per 23 Desember 2016 menunjukkan bahwa pemerintah telah mencairkan sebanyak Rp681,4 triliun dimana dana tersebut dialokasikan ke daerah dan dana (kas) desa untuk sejumlah program peningkatan desa, seperti pelatihan keterampilan, penciptaan lapangan kerja, hingga pemberian fasilitas bagi penduduk di desa, termasuk pembangunan infrastruktur. Namun masih belum berdampak signifikan. Yang ada, ketimpangan yang ditunjukkan oleh hanya meningkatkan kualitas gaya hidup namun tidak diiringi dengan ditingkatkannya kualitas pengetahuan (pendidikan dan teknologi).
Diatas ini adalah salalh satu cara untuk meminimalisir tinggkat kemiskian.


3. Yaitu Gotong Royong, mengapa gotong royong ?
Karna nilai gotong royong adalah semangat yang diwujudkan dalam bentuk perilaku atau tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama atau individu tertentu. Gotong royong menjadikan kehidupan manusia Indonesia lebih berdaya dan sejahtera. Dengan gotong royong, berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan masyarakat. 
Nilai-nilai positif dalam gotong royong antara lain:
1. Kebersamaan
2. Persatuan
3. Rela berkorban
4. Tolong menolong
5. Sosialisasi


4. Toleransi dalam agama berarti saling menghargai antar umat beraga, baik yang muslim maupun non mulism. Dalam hal toleransi saya yang beragama muslim sangat menjunjung toleransi yang dimiliki antar umat. Bsanyak agama yang harus di hargai yakni Kristen, Khatolik, Kongucu, Budha, Hindu maupun atheisme. Contoh dalam bertoleransi ketika ada hari perayaan besar untuk yang berbeda agama, kita harus saling menghargai walaupun dalam agama kita juga diajarkan harus tolong menolong, tenggang rasa dan saling peduli. Perayaan Natal kemarin menjadi bukti betapa indahnya sebuah toleransi antar umat, mereka dengan keyakinannya, saya dengan keyakinan yang saya miliki. Bukan berarti kita tidak bisa menerima perayaan tersebut kita saling ribut, saling bertengkar sikap yang seperti itu yang tidak mengambarkan sebuah toleransi antar umat. Dalam Al-Qur’an diterangkan bahwa dalam Surat Al-Kafirun ayat 1-6 tentang toleransi yang berbunyi “bagimu agamamu dan bagiku agamaku” setiap manusia sudah diajarkan untuk saling menghormati, tetapi tidak menjalankan apa yang agama lain lakukan.

Dengan toleransi kita menjadi indah tanpa adanya saling menjelekkan agam lain. kita harus tetap bersatu dan mewujudkan sebuah toleransi yang baik. 

Comments (0)

Posting Komentar