Ilmu Budaya Dasar Tugas 1 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 3/25/2018

Nama : Muhammad Rizki Munazar
NPM : 1B117038

TUGAS 1


1.1 IBD sebagai bagian dari MKDU

- Menjelaskan pengertian MKDU

Jawab : 

Pengertian MKDU
Mata kuliah dasar umum atau Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan ini diperlukan di dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi karena keberadaannya bisa dibilang penting dalam mendampingi mata kuliah utama sesuai jurusan.


- Menyebutkan tujuan MKDU
Jawab : 
Adapun mata kuliah dasar ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti, kepribadian, dan sebagainya. Sebagai usaha membantu perkembangan kepribadian seorang mahasiswa agar mampu berperan di dalam anggota masyarakat, bangsa dan agama. Selanjutnya, supaya mahasiswa bisa lebih peka terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang selalutumbuh dalam masyarakat. Dan yang ketiga dalam pembelajaran mata kuliah dasar umum yaitu mahasiswa diberikan kemampuan dasar supaya mahasiswa bisa berfikir seecara interdisipliner

1.2. Pengertian Ilmu Budaya Dasar


- Menjelaskan pengertian Ilmu Budaya Dasar

Jawab : 

Pengertian Ilmu Budaya Dasar
Ilmu budaya dasar tentu berbeda dengan pengetahuan budaya. Pengetahuan budaya disini yaitu mengkaji manusia sebagai mahluk berbudaya dalam masalah nilai-nilai manusia (homo humanus).

Sedangkan ilmu budaya dasar adalah pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

- Membedakan IBD dengan pengetahuan budaya

Jawab :

Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti.

Ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

- Menyebutkan 3 kelompok besar dalam ilmu dan pengetahuan

Jawab :
  1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
  2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
  3. Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.


1.3. Tujuan Ilmu Budaya Dasar

- Menjelaskan masalah budaya dengan benar

Jawab :

Banyak faktor masalah yang menyebabkan budaya lokal dilupakan dimasa sekarang ini, misalnya masuknya budaya asing. Masuknya budaya asing ke suatu negara sebenarnya merupakan hal yang wajar, asalkan budaya tersebut sesuai dengan kepribadian bangsa. Namun pada kenyataannya budaya asing mulai mendominasi sehingga budaya lokal mulai dilupakan.Faktor lain yang menjadi masalah adalah kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya peranan budaya lokal.
 Budaya lokal adalah identitas bangsa. Sebagai identitas bangsa, budaya lokal harus terus dijaga keaslian maupun kepemilikannya agar tidak dapat diakui oleh negara lain. Walaupun demikian, tidak menutup kemungkinan budaya asing masuk asalkan sesuai dengan kepribadian negara karena suatu negara juga membutuhkan input-input dari negara lain yang akan berpengaruh terhadap perkembangan di negranya.
Dimasa sekarang ini banyak sekali budaya-budaya kita yang mulai menghilang sedikit demi sedikit.Hal ini sangatlah berkaitan erat dngan masuknya budaya-budaya ke dalam budaya kita.Sebagai contoh budaya dalam tata cara berpakaian.Dulunya dalam budaya kita sangatlah mementingkan tata cara berpakaian yang sopan dan tertutup.

- Menjelaskan masalah kemanusiaan dengan Jelas

Jawab :

Masalah-masalah kemanusiaan adalah masalah-masalah yang dialami secara eksistensial disebabkan oleh perilaku manusia dalam menjalani kehidupan, seperti konflik antar individu, perilaku agresi, cinta, kesehatan mental, dan konflik antar kelompok.

Pemecahan masalah-masalah kemanusiaan dalam rangka membantu manusia untuk mencapai tujuan akhir dari kehidupan manusia, yaitu kesejahteraan atau kebahagiaan (Baumgardner & Crothers, 2010). Ini berarti eksistensi ilmu tidak bersifat an sich untuk dirinya sendiri (ilmu untuk ilmu) namun lebih jauh lagi adalah ilmu untuk kesejahteraan manusia sebagai kreator ilmu (Fernandez-Ballesteros, 2002).


- Menyebutkan tujuan Ilmu budaya dasar
Jawab :
1. Menjadikan Mahasiswa lebih peka dan terbuka terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut
2. Menyadarkan Mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat, hormat-menghormati serta memilki simpati pada nilai-nilai lain yang hidup di masyarakat.
3. Mengembangkan daya kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan daya kebudayaan.
4. Menambah kemampuan Mahasiswa untuk menggapai masalah nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan dunia ytanpa harus terpikat oleh disiplin mereka.
5. Mahasiswa mampu memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
6. Memenuhi tuntutan dari Tridarma Pergurua Tinggi, khususnya darma pendidikan.

1.4. Ruang lingkup Ilmu Budaya Dasar

- Menyebutkan 2 masalah pokok dalam ilmu budaya dasar

Jawab :
  1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.

  1. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.


- Menyebutkan 8 pokok bahasan IBD dengan benar

Jawab :
1. Manusia dan cinta kasih.
2. Manusia dan Keindahan.
3. Manusia dan Penderitaan.
4. Manusia dan Keadilan.
5. Manusia dan Pandangan hidup.
6. Manusia dan tanggung jawab serta pengabdian.
7. Manusia dan kegelisahan.
8. Manusia dan harapan.



SUMBER :
http://www.organisasi.org/1970/01/arti-singkatan-mkdu-kepanjangan-dari-mkdu-kamus-akronim-bahasa-indonesia.html#.Wqyl0GpubIU
http://bangbiw.com/penjelasan-tentang-ilmu-budaya-dasar/
https://materiips.com/permasalahan-sosial-budaya
http://fppsi.um.ac.id/?p=1404
https://anzdoc.com/download/2-sub-pokok-bahasan-dan-sasaran-belajar.html
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/A-Silabus%20dan%20RPP%20IBD.pdf

Comments (0)

Posting Komentar