Ilmu Sosial Dasar Tugas 1 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/09/2017

Nama  : Muhammad Rizki Munazar
NPM  : 1B117038


1. Sebagai mahasiswa, apa yang anda ketahui tentang tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar ?
Ilmu Sosial Dasar merupakan salah satu ilmu sosial yang dipelajari untuk mengatasi atau memecahkan masalah sosial yang ada di lingkungan masyarakat. Pada dasanya, ilmu sosial dasar memberikan gagasan atas masalah atau kejadian yang terjadi pada masyarakat yang dapat kita kaji dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam mayarakat dan Ilmu Sosial Dasar (ISD).
Tujuan mempelajari Ilmu Sosial Dasar, yaitu. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat. Serta peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.


2. Bagaimana anda menyikapi keanekaragaman kehidupan sosial budaya yang ada di negara Indonesia ?
Indonesia merupakan negara dengan banyak sekali suku, agama, budaya yang harus kita tahu, pahami, hormati dan lestarikan.
-       Sikap Menghargai Keragaman Suku Bangsa
Walaupun kita terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara Pancasila.

-       Sikap Menghargai Budaya di Indonesia
Kita harus mengetahui bahwa Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan penduduknya terpencar-pencar di berbagai pulau. Tiap penduduk tinggal di lingkungan kebudayaan daerahnya masing-masing. Ini artinya, di Indonesia terdapat banyak ragaman kebudayaan yang harus kita lestarikan dan menghargai kebudayaan di indonesia. 


3. Peka terhadap masalah sosial adalah salah satu tujuan mempelajari mata kuliah ISD, berikan penjelasan dan contohnya ?
Penjelasan :
Untuk pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan sosial dapat dipertajam.


Contoh :
Penggunaan Narkoba

Contoh masalah sosial di masyarakat yang saat ini, narkoba masih menjadi ‘hantu’ yang membayangi manusia, khususnya anak muda yang berharap kelak bisa menjadi sukses dan membanggakan orang tua. Terjerumus ke lembah hitam narkoba adalah hal yang menakutkan. Namun, sekian banyak orang tergelincir ke dunia tersebut dengan berbagai macam penyebab. Di antaranya adalah masalah keluarga, ekonomi, terpengaruh oleh lingkungan dan lain-lain.


SUMBER :



Comments (0)

Posting Komentar