Ilmu Sosial Dasar Tugas 6 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/09/2017


Nama  : Muhammad Rizki Munazar
NPM    : 1B117038


Soal :

1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi pemuda berikut ini :
   a. Idealisme & daya kritis
   b. Dinamika & kreatifitas
   c. Keberanian mengambil resiko
   d. Optimisme & penuh semangat
   e. Sikap mandiri & disiplin
   f. Terdidik
   g. Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
   h. Patriotisme & Nasionalisme
   i. Sikap ksatria
   j. Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi

2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya "Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?


Jawab :
1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi pemuda berikut ini :

a.Idealisme dan Daya Kritis.
“ Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada, sehingga ia dapat melihat kekurangan dalam tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru. Pengejawantahan dealism dan daya kritis perlu dilengkapi landasan rasa tanggung jawab yang seimbang.”

b.Dinamika dan Kreatifitas.
“ Dengan adanya sikap idealisme dan daya kritis yang kuat, berarti generasi muda dapat menimbulkan kreatifitas dan dinamika dalam tatanan berupa perubahan, pembaruan, dan menyempurnakan kekurangan yang ada.”

c.Keberanian Mengambil Resiko.
“ Dalam upaya pembangunan pasti akan ada resiko resiko yang akan timbulnya, seperti melesetnya jadwal pembangunan, terhambat, atau bahkan gagal. Kaum muda dengan kesiapan pengetahuan, perhitungan dan keterampilan dapat mengatasi hal tersebut dengan baik dikarenakan, dan juga lebih berani dalam mengambil resiko.”

d.Optimis dan Semangat.
“ Optimis dan semangat yang ada dalam jiwa generasi muda akan menjadi daya pendorong untuk menghasilkan sesatu yang lebih maju lagi sehingga terbentuknya mental yang kuat yang tidak mudah patah semangat.”

e.Sikap Mandirian dan Disiplin.
“ Dengan sikap kemandirian mereka dapat menyadari batas-batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa, serta melaksanakan sesuatu dengan disiplin.”

f.Terdidik
“ Walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara menyeluruh baik dalam arti kualitatif maupun dalam arti kuantitatif, generasi muda secara relatif lebih terpelajar karena lebih terbukanya kesempatan belajar dari generasi pendahulunya.”

g.Keanekaragaman dalam Persatuan dan Kesatuan.
“ Keanekaragaman pada pemuda, merupakan cermin keanekaragaman bangsa kita. Keanekaragaman tersebut merupakan potensi dinamis dan kreatif berdasarkan semangat sumpah pemuda serta kesamaan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.”

h.Patriotisme dan Nasionalisme.
“ Dengan sikap patriotism dan nasionalisme, generasimuda dapat dilibatkan dalam upaya pembelaan dan mempertahankan Negara.”

i.Sikap Kesatria.
“ Sikap kesatria identik dengan sikap berani, mengabdi pada Negara serta rasa tanggung jawab social yang tinggi. Sehingga dengan sikap itu para generasi muda dpat menjadi pembela dan penegak hokum bagi masyarakat dn bangsa.”

j.Kemampuan Penguasaan Ilmu dan TeknilogI.
“ Ilmu dan teknologi saat ini berkembang sangat pesat, dengan ilmu tersebut generasi muda dapat menerapannya dilingkungan sekitar sebagai transformator dan dinamistator.”

2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya "Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?
Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah melalui suatu program yaitu pendidikan. Namun pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang berkarakter yang dapat mengembangkan kreatifitas dan kemampuan anak untuk berfikir kritis sehingga apa yang dipelajari dapat tertanam dalam diri siswa. Berpikir kritis melibatkan cara berpikir instrospektif dan produktif, serta mengevaluasi kejadian maka cara mendorong anak agar mampu berfikir kritis adalah dengan menghadapkan mereka pada topik-topik kontroversional dan menciptakan suatu pembelajaran yang kondusif sehingga anak akan merasa nyaman dan mudah untuk menuangkan ide-ide kreatifnya.
Dan pembelajaran yang baik harus memuat tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena jika ketiga aspek tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka akan membentuk kemampuan berfikir kritis dan munculnya kreatifitas.


SUMBER :




Comments (0)

Posting Komentar