Ilmu Sosial Dasar Tugas 6 #Softskill
Posted by Rizki | Posted in Tugas | Posted on 11/09/2017
Nama : Muhammad Rizki Munazar
NPM : 1B117038
Soal :
1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi
pemuda berikut ini :
a.
Idealisme & daya kritis
b.
Dinamika & kreatifitas
c.
Keberanian mengambil resiko
d.
Optimisme & penuh semangat
e. Sikap
mandiri & disiplin
f.
Terdidik
g.
Keanekaragaman dalam persatuan & kesatuan
h.
Patriotisme & Nasionalisme
i. Sikap
ksatria
j.
Kemampuan penguasaan ilmu & teknologi
2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya
"Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?
Jawab
:
1. Apa yang anda ketahui tentang potensi-potensi
pemuda berikut ini :
a.Idealisme dan Daya Kritis.
“ Secara sosiologis generasi muda belum
mapan dalam tatanan yang ada, sehingga ia dapat melihat kekurangan dalam
tatanan dan secara wajar mampu mencari gagasan baru. Pengejawantahan dealism
dan daya kritis perlu dilengkapi landasan rasa tanggung jawab yang seimbang.”
b.Dinamika
dan Kreatifitas.
“ Dengan adanya sikap idealisme dan
daya kritis yang kuat, berarti generasi muda dapat menimbulkan kreatifitas dan
dinamika dalam tatanan berupa perubahan, pembaruan, dan menyempurnakan
kekurangan yang ada.”
c.Keberanian Mengambil Resiko.
“ Dalam upaya pembangunan pasti
akan ada resiko resiko yang akan timbulnya, seperti melesetnya jadwal
pembangunan, terhambat, atau bahkan gagal. Kaum muda dengan kesiapan
pengetahuan, perhitungan dan keterampilan dapat mengatasi hal tersebut dengan
baik dikarenakan, dan juga lebih berani dalam mengambil resiko.”
d.Optimis dan Semangat.
“ Optimis dan semangat yang ada
dalam jiwa generasi muda akan menjadi daya pendorong untuk menghasilkan sesatu
yang lebih maju lagi sehingga terbentuknya mental yang kuat yang tidak mudah
patah semangat.”
e.Sikap Mandirian dan Disiplin.
“ Dengan sikap kemandirian mereka
dapat menyadari batas-batas yang wajar dan memiliki tenggang rasa, serta
melaksanakan sesuatu dengan disiplin.”
f.Terdidik
“ Walaupun dengan memperhitungkan
faktor putus sekolah, secara menyeluruh baik dalam arti kualitatif maupun dalam
arti kuantitatif, generasi muda secara relatif lebih terpelajar karena lebih
terbukanya kesempatan belajar dari generasi pendahulunya.”
g.Keanekaragaman dalam Persatuan
dan Kesatuan.
“ Keanekaragaman pada pemuda,
merupakan cermin keanekaragaman bangsa kita. Keanekaragaman tersebut merupakan
potensi dinamis dan kreatif berdasarkan semangat sumpah pemuda serta kesamaan
semboyan Bhinneka Tunggal Ika.”
h.Patriotisme dan Nasionalisme.
“ Dengan sikap patriotism dan
nasionalisme, generasimuda dapat dilibatkan dalam upaya pembelaan dan
mempertahankan Negara.”
i.Sikap Kesatria.
“ Sikap kesatria identik dengan
sikap berani, mengabdi pada Negara serta rasa tanggung jawab social yang
tinggi. Sehingga dengan sikap itu para generasi muda dpat menjadi pembela dan
penegak hokum bagi masyarakat dn bangsa.”
j.Kemampuan Penguasaan Ilmu dan
TeknilogI.
“ Ilmu dan teknologi saat ini
berkembang sangat pesat, dengan ilmu tersebut generasi muda dapat menerapannya
dilingkungan sekitar sebagai transformator dan dinamistator.”
2. Menurut anda apa yang harus dilakukan dalam upaya
"Mencerdaskan kehidupan Bangsa" ?
Salah satu upaya yang
harus dilakukan adalah melalui suatu program yaitu pendidikan. Namun pendidikan
yang dimaksud adalah pendidikan yang berkarakter yang dapat mengembangkan
kreatifitas dan kemampuan anak untuk berfikir kritis sehingga apa yang
dipelajari dapat tertanam dalam diri siswa. Berpikir kritis melibatkan cara
berpikir instrospektif dan produktif, serta mengevaluasi kejadian maka cara
mendorong anak agar mampu berfikir kritis adalah dengan menghadapkan mereka
pada topik-topik kontroversional dan menciptakan suatu pembelajaran yang
kondusif sehingga anak akan merasa nyaman dan mudah untuk menuangkan ide-ide
kreatifnya.
Dan pembelajaran yang baik harus memuat tiga aspek,
yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena jika ketiga aspek
tersebut dapat dijalankan dengan baik, maka akan membentuk kemampuan berfikir
kritis dan munculnya kreatifitas.
SUMBER :
Comments (0)
Posting Komentar