Ilmu Sosial Dasar Tugas 4 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/09/2017

Nama  : Muhammad Rizki Munazar
NPM    : 1B117038

SOAL :
Masa remaja adalah masa transisi dan secara psikologis cukup problematis, terkadang mereka bisa melanggar norma dan rentan terhadap berbagai pengaruh negatif, termasuk pengaruh new media.
1.      Sebagai mahasiswa, bagaimana menurut anda agar para remaja dapat membentengi dirinya sendiri ? Agar tidak terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat merugikan 
2.      Bagaimana media dapat memberi dorongan pada remaja untuk dapat mengeksplore potensi dirinya, bukan malah sebaliknya ?
3.      Pemuda Pemudi harapan bangsa, sebagai generasi penerus apa yang harus dipersiapkan agar dapat mengharumkan nama keluarga, lingkungan dan Bangsa Indonesia ?


Jawab :
  1. Sebaiknya seorang remaja mengikuti kegiatan-kegiatan positif seperti ekstrakurikuler bidang olahraga ataupun mengikuti kegiatan organisasi seperti rohis, atau himpunan yang sering mengadakan kegiatan yang positif dengan hal-hal yang positif juga. Selain itu kembali lagi ke masing-masing remaja itu sendiri agar memiliki kesadaran diri untuk membentengi dari hal-hal yang negatif. Untuk membangun kesadaran diri itu remaja dapat di didik di rumah maupun sekolah. Di sekolah remaja dapat diberikan pemahaman bahwa hal-hal yang negatif seperti penggunaan narkoba, pergaulan bebas sama sekali tidak berfaedah dan tidak memiliki keuntungan sama sekali bagi dirinya. Dan yang terpenting keluarga kedua orang tua harus dapat memberi pemahaman dan meembangun hubungan keluarga yang positif / harmonis.
  2. Media dapat memberikan dorongan ke remaja dengan menampilkan konten-konten kreatif dan positif yang dapat memicu remaja untuk meniru dan bereksplorasi dengannya sehingga remaja dapat menemukan potensi dalam dirinya, dan juga Memudahkan remaja untuk sharing atau berbagi. Dengan adanya Media blog, remaja mudah berbagi mengenai pengalaman hidupnya dan berbagai hal positif lainnya yaitu dengan mempostingnya ke blog mereka.
  3. Bagi para pemuda-pemudi Indonesia, tingkatkan kualitas diri dengan Pendidikan dan mengikuti hal-hal baru yang positif untuk menggali potensi dan menambah pengalaman. Jagan mengikuti suatu kegiatan/organisasi yang seharusnya membahas yang kegiatan yang positif, malah membahas hal-hal yang cenduderung ke hal negatif, hal seharusnya tidak perlu dibahas dan dibincangkan. Karna dengan kita mengikuti organisasi juga membuat kepribadian kita menjadi berkembang. Dengan memiliki kesadaran akan potensinya masing-masing, inisiatif untuk terus belajar dan pengalaman maka para pemuda-pemudi dapat menjadi insan yang berkualitas untuk mengikuti perkembangan zaman dan akan memajukan lingkunagn keluarganya sendiri dan Bangsa Indonesia menjadi Bangsa yang hebat.

Comments (0)

Posting Komentar