Jurnal 2 Aplikasi Peta Jenis Tanah dalam Mengidentifikasi Lahan Berpotensi untuk Perkebunan Kelapa Sawit Di Cendana Kabupaten Enrekang

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/30/2017

RINGKASAN REVIEW JURNAL


A.Identitas Jurnal
1.Judul                  : Aplikasi Peta Jenis Tanah dalam Mengidentifikasi   
                                 Lahan Berpotensi untuk Perkebunan Kelapa Sawit Di     
                                 Cendana Kabupaten Enrekang
2.Penulis                 : Hasriyanti, Ibrahim Abbas, M. Nur Zakariah Leo
3.Nama Jurnal       : Jurnal Pendidikan Geografi
4.Vol/No                  : Volume 21, Nomor 1
5.ISBN/ISSN           : -
6.Penerbit                : Universitas Negeri Makassar
7.Tahun Terbit       : Januari 2016


B.     Latar Belakang Masalah yang Dikaji
Latar belakang penelitian pada jurnal tersebut adalah karena meningkatnya kebutuhan manusia dan luasnya lahan kering di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai lahan perkebunan kelapa sawit dapat membantu dalam mengatasi peningkatan kebutuhan akan bahan pangan masyarakat di Indonesia, khususunya di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang. Sebagian besar lahan di wilayah tersebut dapat dimanfaatkan menjadi perkebunan kelapa sawit, kelapa sawit memiliki banyak manfaat diantaranya dapat dijadikan minyak untuk memasak, minyak industri, dan bahan bakar (biodiesel).
Di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, tingkat pengetahuan warga dan pemerintah mengenai potensi lahan yang ada untuk perkebunan kelapa sawit masih sangat rendah, maka dari itu dilakukan penelitian di wilayah tersebut.

C.    Metodologi Penelitian
Metode yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode survey langsung ke lapangan (tempat yang akan diteliti) untuk bekerjasama dengan instansi diwilayah tersebut untuk pengenalan penggunaan lahan, kemudian mengidentifikasi permasalahan didalam penggunaan lahan di wilayah tersebut, dan mengaplikasikan peta tematik (peta jenis tanah) untuk mengidentifikasi tanah di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang.

D.    Hasil Dan Pembahasan
Hasil dari penelitian tersebut adalah menyatakan bahwa wilayah Kecamatan Cendana Kabipaten Enrekang memiliki jenis tanah yang berpotensi dijadikan perkebunan kelapa sawit jika dianalisis dan di identifikasi melalui peta tematik jenis tanah, geologi, dan peta curah hujan. sedangkan untuk melalui peta topografi dan peta rupa bumi untuk melihat ketinggian wilayah tersebut. Wilayah tersebut tergolong memiliki ketinggian antara 400-1000 mdpl dan jenis tanah pada ketinggian tersebut sangat cocok dijadikan lahan untuk perkembangan pertumbuhan holtikultura.

PEMBAHASAN REVIEW JURNAL

A.    Analisis Review Jurnal

1.      Relevansi Topik
Topik yang ditulis sudah sesuai dengan keahlian penulis, dapat dilihat dari pembahasan penulis pada topik tersebut, penulis menjelaskan secara rinci mengenai keadaan dan kondisi tanah di wilayah yang diteliti tersebut sesuai dengan analisis peta yang mereka gunakan.

2.      Argumentasi Penulis Pada Pendahuluan
Pada pendahuluan penulis berargumen bahwa lahan merupakan sumberdaya alam yang sangat penting untuk wilayah perkebunan, terutama untuk bahan sandang dan pangan. Penulis berpendapat bahwa Indonesia adalah salah satu negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia, tetapi masih banyak lahan yang belum dimanfaatkan untuk penanaman kelapa sawit karena beberapa hal diantaranya kurangnya pengetahuan masyarakat dan pemerintah khususnya di Kecamatan Cendana dalam hal potensi lahan.

3.      Cakupan Kajian Teori
Pemilihan kajian teori juga sudah sesuai dengan materi yang dibahas oleh peneliti, yaitu diantaranya tentang tindakan berkelanjutan, sistem drainase yang baik dan tentang kesesuaian penanaman kelapa sawit.

4.      Relevansi Metodologi Penelitian
Metode yang dilakukan sudah relevan, yaitu berkaitan dengan yang diteliti. menggunakan interpretasi dan analisis peta tematik jenis tanah, dengan peta tersebut peneliti dapat mengetahui keadaan tanah diwilayah yang diteliti dan jenis tanaman apa yang cocok ditanam di wilayah tersebut.

5.      Kerangka Berpikir
Penulis tidak memaparkan kerangka berpikir dalam bentuk peta -konsep, tetapi dapat dijabarkan melalui langkah pencocokan yang dituliskan.
penulis pada jurnal, yaitu penulis menganalisis beberapa tematik diantaranya peta jenis tanah, peta iklim, peta geologi untuk mengetahui potensi tanah dan jenis tanaman yang cocok ditanam, kemudian penulis menentukan lokasi penanaman tersebut yang mudah aksesbilitasnya, infrastrukturnya, dan sesuai hukum tanahnya, maka jika kedua hal tersebut terpenuhi maka dapat diterapkan perkebunan kelapa sawit tersebut.




Menurut pembaca, kerangka berpikir dapat dimuat seperti berikut :

1.      Implikasi Penulis
Implikasi Penulis adalah begitu lokasi berpotensi cocok diidentifikasi dapat memberikan sumbangan bagi peningkatan produksi kelapa sawit berkelanjutan, pengurangan kemiskinan dan perbaikan pengelolaan sumber daya alam di Kabupaten Enrekang khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Kesimpulan
Setelah dilakukan analisis beberapa peta, dapat dilihat bahwa Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang memiliki jenis tanah yang berpotensi dan dapat dijadikan perkebunan kelapa sawit, dan setelah dilakukan observasi dan wawancara, dapat diketahui bahwa tingkat pengetahuan pemerintah dan masyarakat mengenai potensi lahan di wilayah tersebut masih rendah.

Saran
Saran penulis adalah agar penerapan perkebunan kelapa sawit tersebut dapat diperdalam lagi paramater fisik, kimia, dan biologinya, agar lebih spesifik lagi pelaksanaan perkebunan kelapa sawit di lahan tersebut.



A.    Evaluasi Review Jurnal

1.      Tujuan Penulisan Jurnal
Tujuan penulisan jurnal tersebut adalah untuk mengembangkan lahan yang ada di wiliyah Indonesia khususnya di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang yang masih belum dimanfaatkan agar dapat diolah menjadi suatu perkebunan kelapa sawit.

2.      Manfaat Penulisan Jurnal
Jika jurnal tersebut diterapkan maka akan sangat memberikan manfaat bagi masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat di Kecamatan Cendana Kabupaten Enrekang, karena lahan tersebut dapat dijadikan peluang dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dan mengurangi angka kemiskinan.

3.      Jenis Jurnal
Jenis jurnal tersebut adalah jurnal ilmiah yaitu jurnal pendidikan geografi.

4.      Daftar Pustaka
Sangat banyak menuliskan sumber bacaan pada daftar pustaka, tetapi yang terlampir pada pembahasan jurnal hanya 2 nama penulis yang terlampir.

5.      Sasaran Pembaca
Yang menjadi sasaran pembaca jurnal tersebut adalah mahasiswa perguruan tinggi, peneliti, akademis di bidang pertanian maupun perencanaan pembangunan wilayah.

6.      Ilustrasi
Ilustrasi wilayah dapat digambarkan melalui peta tematik jenis tanah yang dilampirkan pada jurnal.

 Kesimpulan
Dari hasil review jurnal, dapat diambil kesimpulan bahwa jurnal tersebut adalah jenis jurnal ilmiah di bidang pendidikan geografi, jurnal tersebut memiliki beberapa manfaat untuk mahasiswa maupun umum dalam menerapkan pembangunan suatu wilayah menjadi suatu kawasan yang bermanfaat. Didalam jurnal tersebut menggunakan beberapa cara (metode) penelitian dengan menganalisis peta tematik jenis tanah yang kemudian di interpretasikan untuk mengidentifikasi suatu wilayah.
Analisis dan interpretasi peta tematik jenis tanah sangat bermanfaat di bidang pertanian. Dengan analisis peta jenis tanah kita dapat menentukan wilayah dan jenis tanaman apa yang sesuai untuk dijadikan budidaya pertanian ataupun perkebunan.

Saran
Sebaiknya penulisan pada abstrak tidak sebanyak itu dan sistematikan penulisan juga sebaiknya juga lebih lengkap lagi, karena penulisan ISBN/ISSN tidak terdapat pada jurnal tersebut, dan sebaiknya jenis,volume, dan nomor jurnal diletakkan dibagian awal jurnal agar terlihat lebih spesifik. Penulisan abstrak ke dalam bahasa inggris juga sebaiknya dilampirkan. Dan sebaiknya peta tematik geologi, curah hujan, dan peta topografi juga dilampirkan pada jurnal agar lebih lengkap ilustrasi didalanm analisis peta tersebut.
Dan yang terpenting sebaiknya penerapan lahan perkebunan kelapa sawit tersebut dapat diterapkan lebih mendalam lagi dengan menggunakan data-data pendukung lain seperti parameter fisik, kimia, dan biologi.


DAFTAR PUSTAKA

[1]        Hasriyanti, Abbas.Ibrahim, Nur Zakariah Leo.M.(2016). Aplikasi Peta Jenis Tanah Dalam Mengidentifikasi Lahan Berpotensi Untuk
[2]        Perkebunan Kelapa Sawit Di Kecematan Cendana Kabupaten Enrekang, https://www.res earchgate.net/publication/265043504_ANALISIS_PETA_RUPABUMI _DALAM_MENENTUKAN_LOKASI_DARI_PENGARUH_TSUNA MI_DI_KABUPATEN_GARUTVolume 21 Nomor 1.2016. diakses pada 10 Februari 2017.

Comments (0)

Posting Komentar