Ilmu Sosial Dasar Tugas 2 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/09/2017

Nama   : Muhammad Rizki Munazar
NPM    : 1B117038


1.    Jelaskan masing-masing hal tersebut ?
Jawab :
a.      Mortalitas erat kaitannya dengan pertumbuhan penduduk. Atau adalah ukuran jumlah kematian (umumnya, atau karena akibat yang spesifik) pada suatu populasi, skala besar suatu populasi, per dikali satuan.
b.      Fertilitas adalah kesuburan, kesuburan disini yang dimaksud adalah dapat bekerjanya secara optimal dari organ-organ reproduksi baik dari pihak pria maupun wanita sehingga dapat melakukan fungsi fertilisasi dengan baik.
c.       MIgrasi merupakan bagian dari mobilitas penduduk. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari suatu daerah ke daerah lain. Mobilitas penduduk ada yang bersifat nonpermanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pula mobilitas penduduk permanen (menetap). 


2. Bagaimana pandangan anda tentang pertambahan penduduk di Indonesia ?
Jawab :

Pendapat saya hal-hal yang berkaitan dengan jumlah penduduk ini penting sekali di Indonesia. Kalau di masa depan jumlah ini mau jadi lebih banyak lagi, pasti ada lebih banyak masalah sosial lagi, terutama di wilayah perkotaan yang akan semakin padat. Jumlah tersebut kira-kira 42% dari total jumlah keseluruhan penduduk di Indonesia. Melihat data tersebut, dewasa ini (2017) bisa diperkirakan jumlah penduduk perkotaan telah melampaui 100 juta jiwa. Dan sekarang hampir setengah jumlah penduduk di Indonesia hidup di wilayah perkotaan.
Dan menurut saya pemerintah Indonesia sudah membuat program dua macam tindakan untuk mencegah masalah sosial ini. Yang pertama adalah program KB atau Keluarga Berencana dan yang kedua adalah program transmigrasi. Karna program tersebut sudah dicoba dan efektif. Hanya tinggal diteruskan kembali dan dikembangkan lagi.


SUMBER :

Comments (0)

Posting Komentar