Ilmu Sosial Dasar Tugas 9 #Softskill

Posted by Rizki | Posted in | Posted on 11/30/2017

Nama   : Muhammad Rizki Munazar
NPM    : 1B117038

TUGAS 9
ILMU SOSIAL DASAR #


Kaitan Agama & Masyarakat dapat dibuktikan dengan adanya pengetahuan agama, Sila Ketuhanan Yang Maha Esa,
figur Nabi, pemahaman religi yang memperkuat adanya Tuhan Yang Maha Esa.


Soal :
1. Apa yang menjadi fungsi agama dalam masyarakat ?
2. Bagaimana menjaga harmonisasi antar umat beragama di Indonesia ?
3. Bagaimana penerapan nilai-nilai, norma-norma keagamaan agar mampu mendorong pola fikir manusia (masyarakat) agar terhindar dari pebuatan tercela seperti melakukan tindak korupsi, menyakiti sesama misalnya dengan menyebar fitnah, minum yang beralkohol atau narkoba ?
4. Menurut anda bagaimana Agama dapat menyatukan visi misi mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa  ?

Jawaban :
1. Terdapat banyak fungsi agama dalam masyarakat diantaranya :
Ø  Fungsi edukatif
Ø  Fungsi penyelamat
Ø  Fungsi perdamaian
Ø  Fungsi control social
            Tetapi saya mengambil fungsi perdamaian, menurut saya agama itu tidak terlepas dalam fingur masyakarat, dengan adanya perdamaian menjadikan sebuah masyarakat yang aman, dengan dikelilingi oleh agama yakni sebuah masyarakat  tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Dengan agama dalam figure masyarakat kita juga jadi paham bagaimana menghormati antara sesama umat muslim dan non muslim. Dengan agama hidup menjadi lebih indah, dengan agama hidup kita sendiri maupun masyakakat akan terarah dan tidak menyimpang dengan norma-norma yang ada.

2. Menurut saya, menjaga harmonisasi antara umat beragama di Indonesia harus dilakukan  dengan selalu menghormati setiap adanya acara-acara tertentu, misalnya perayaan tahun baru Islam, Idul FItri, Idul Adha, Perayaan Natal, Perayaan Nyepi dsb. kita harus saling menghormati agama yang lainnya. Dengan menjaga harmonisasi itu kita bisa belajar bagaimana menyikapi agama yang lain. Toleransi antar umat beragama itu penting agar tidak berpecah belah. Agama kita berbeda tetapi harus bisa menjaga tali persaudaraan yang kokoh.

3. Menurut saya, penerapan nilai norma itu dimulai dari diri sendiri, kenapa? Karena dengan kita belajar suatu agama dan dibentengi diri kita dengan agama dan bisa membedakan mana jalan yang salah mana jalan yang benar ia pun akan tahu  bahwa kalau jalan yang salah ia akan terkena dampak yang sangat buruk, dan sebaliknya kalau ia mengambil jalan yang benar pasti berdampak positif bagi dirinya sendiri.  Tidak mau melakukan perbuatan yang menyakiti orang lain, narkoba, korupsi dsb, karena sudah tau bagaimana dampaknya nanti. Sejak dini kita haruslah membuka pikiran jangan terlalu gampang mengambil keputusan dengan jalan yang salah tetapi harus melihat kedepan dampak apa / resiko apa yang ia akan terima. Manusia tanpa agama ia akan ilang arah, dengan dibentengi terus dengan agama yakinlah bahwa tindakan yang negatif pun tidak akan terjadi. Barulah mengaplikasikannya ke lingkungan masyakarat.


4. Menurut saya, agama adalah pedoman umat untuk memeluk kepercayaan nya masing-masing. Visi misinya dengan kita menghormati antar umat agama yang ada di Indonesia ini. Terdapat banyak agama di Indonesia, diantaranya: Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, semua itu agama yang patut kita hormati. Menjaga nama baik antar umat beragama, menjaga persaudaraan karena Negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika, yakni berbeda tapi tetap satu dengan tujuan agar Persatuan ini kokoh, dan terjalin dengan baik. Tidak membedakan ras, suku, agama, warna kulit, dari sabang sampai merauke kita semua bersaudara, dengan adanya kerja sama dengan baik, saling gotong royong membangun persatuan dan kesatuan bangsa yang baik akan mewujudkan Negara yang aman. Agama berperan sangat penting dalam membangun visi misi ini. 

Comments (0)

Posting Komentar